Senin, 07 Januari 2013

COUNTIF KURANG DARI

Untuk membayar hutang tulisan saya sebanyak 5 hari.. hari ini saya produksi satu tulisan lagi.. hitung-hitung nyicil.. harapannya tetep bisa memproduksi 365 posting dalam satu tahun.. resolusi!

Tadi, salah seorang rekan saya, sebut saja Prettong *bukan nama sebenarnya* menanyakan sesuatu tentang penggunaan Excel. Pertanyaannya sederhana: "Mas.. cara ngitung jumlah cell yang nilainya dibawah *sebut saja* 7 gimana?". "hemm.. menggelitik" benakku.



Tau sih bakalan pake COUNTIF. struktur COUNTIF ini sendiri biasanya =COUNTIF(range, criteria). Tapi biasanya langsung ngerefer ke jumlah sama dengan atau kondisi tertentu atau nilai cell tertentu,  gak pake lebih dari, kurang dari, kurang dari sama dengan, lebih dari sama dengan, atau embel-embel apapun itu..

Tanpa banyak bicara, langsung pencet F1. Ya..anda benar!!! fitur Help di Excel adalah gudang bantuan yang penuh dengan harta karun jawaban namun tersembunyi di hutan keyword search help. Beruntung saya tahu keyword yang tepat. That's right, COUNTIF. scroll dikit... eh ketemu.. Yay..!!! happy me :)


Rupanya klo kasus diatas kita cukup menggunakan "<7" sebagai kriterianya, cukup simpel bukan. jadi rumus yang digunakan adalah =COUNTIF($B$2:$F$7;"<7"). Tapi klo gak pernah pakai, ya mana bisa tau. Manfaatnya nolong temen, kadang-kadang ikut bantu nolong diri sendiri (untuk belajar) menambah pengetahuan.

Tambahan: mungkin teman-teman memperhatikan klo disana da cell yang referensinya hilang (C7) dan merupakan karakter "-"(C6). Jangan khawatir klo ini bakal ikut keitung karena dianggap nol, karena setelah saya coba dengan angka yang lebih besar, rupanya jumlah nilai yang terjaring sama yaitu 8.

Well that's all for today.. oiya, klo ada yang penasaran dengan kalimat yang dibawah tabel tersebut "Pake UDF Hitung Warna" itu apa maksudnya.. pantengin terus blog ini.. you'll get the answer tomorrow.. or the day after tomorrow, or maybe next week.. just wait :D

See you on my another post :) *jangan lupa komen klo bermanfaat ya, i really apreciate it :)

1 komentar: